6/12/2017

Deskripsi Pekerjaan Teller Bank



Deskripsi Pekerjaan Teller Bank, Teller merupakan bagian frontliner dalam suatu bank. Pada setiap aktivitas perbankan, teller merupakan posisi pekerjaan yang sangat penting karena berhadapan langsung dengan konsumen. Pada saat ini perusahaan perbankan indonesia baik perusahaan swasta maupun pemerintah melakukan standarisasi service untuk setiap pelayanan yang dilakukan oleh teller sebagi salah satu kegiatan persaingan perusahaan perbankan saat ini.

Teller dituntut untuk melayani konsumen sesuai dengan aturan yang digunakan oleh bank tersebut baik secara kalimat perkataan yang dilakukan pada saat menyambut konsumen, atau pada saat proses maupun pada saat penutupan ketika pelayanan sudah selesai. Karena frontliner dapat dikatakan gambaran mengenai perusahaan bank tersebut.

Deskripsi Pekerjaan Teller Bank


Syarat Menjadi Teller Bank

  1. Ramah dan Sopan - Hal dasar yang harus di terapkan kepada semua teller bank, tapi alangkah baik jika semua pegawai itu ramah kepada semuanya karena dengan ramah pembawaan orang yang berinteraksi dengan kita akan merasa di hargai dan ini akan memicu orang tersebut untuk ramah juga kepada kita.
  2. Sabar dan Teliti - Sabar, adalah sabar ketika dalam tekanan pekerjaan yang diluar emosinya karena harus kita ketahui mood dalam bekerja bisa berubah drastis jika ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman. Teliti, sangatlah menjadi point penting bagi seorang officer terlebih seorang teller yang setiap harinya bekerja berkutat dengan angka dan uang, jika anda melakukan kesalahan sedikit saja berarti anda akan menggantinya.
  3. Good Looking - Susah di jelaskan karena good looking itu relatif, yang jelas anda harus terlihat menarik di mata orang lain dan anda akan di tuntun tampil sempurna baik dari sisi fisik, pakaian, dan kelakuan anda. Berpenampilan menarik tak harus cantik atau ganteng tapi sesuaikan penampilan anda dengan apa yang ada di sekitar anda, utamakan berdandan rapi.Ingat, jangan terlalu memaksakan diri tampil sempurna tapi cobalah berdandan semaksimal mungkin dan jika fisik anda kurang mendukung harus di akali dengan soft skill yang anda punya.
  4. KomunikasiSebagai orang yang nantinya akan bertemu dengan banyak nasabah anda di wajibkan menyapa dan tersenyum dalam kondisi apapun agar nasabah anda tidak kabur dan tentunya merasa nyaman. Bagi anda yang merasa masih kesulitan berbicara dengan orang lain belajarlah public speaking sendiri dengan cara melatih berbicara dengan cermin setiap pagi setelah bangun tidur, pagi hari sangat tepat untuk melatih speaking anda.
Nah diatas adalah syarat utama menjadi Teller Bank, sedangkan untuk job desk seorang teller atau tugas Teller bank silakan simak informasi di bawah ini :


Tugas dan Tanggung jawab Teller
  • Melayani transaksi perbankan nasabah di Kantor Kas
  • Menerima modal awal untuk membuka transaksi dari Kepala Operasional
  • Menghitung jumlah modal awal
  • Mencocokkan jumlah modal awal secara fisik dengan yang tertulis di form tanda terima modal awal 
  • Membuka dan mengaktifkan sistem untuk operasional transaksi
  • Melayani transaksi nasabah yang datang secara tunai/kas, dan warkat bank lain,serta transaksi online sesuai kewenangannya
  • Meminta approval untuk transaksi di atas kewenangannya
  • Melayani setoran Pajak / Penerimaan Negara, Pengiriman Uang, pelayanan dan jasa bank lainnya
  • Melakukan entry data transaksi ke dalam sistem Menyelesaikan semua laporan harian setelah aktivitas transaksi tutup
  • Menghitung total transaksi cash yang dilakukan hari itu
  • Membandingan jumlah uang fisik dan jumlah uang yang tercatat, baik di form maupun di dalam sistem 
  • Menandatangani laporan harian cash Menyerahkan laporan harian kepada Kepala Operasional 
  • Menyerahkan uang, form, warkat secara fisik kepada Kepala Operasional
  • Melakukan pengisian ATM bersama-sama Kepala Operasional
Demikian artikel tentang Diskripsi Pekerjaan Teller. Semoga dapat menambah wawasan anda.

Berkomentarlah dengan baik dan sopan tidak mengandung unsur sara,pornografi dan menyertakan link aktif.

By Admin deskripsipekerjaan.net
EmoticonEmoticon