6/12/2017

Deskripsi Pekerjaan Project Manager



Deskripsi Pekerjaan Project Manager, Pengertian Project Manager adalah seorang yang bertugas langsung dan berhubungan dengan sebuah tim dalam suatu proyek, dan bertanggung jawab dalam memberikan sebuah laporan mengenai rencana dan program kepada user, manager dan siapa saja yang memerlukan informasi mengenai proyek yang sedang dikerjakan.

Deskripsi Pekerjaan Project Manager 

Tanggung jawab Project Manager

  1. Melakukan analisa terhadap bagian-bagian yang berhubungan langsung dengan user dalam hal ini proyek,
  2. Melakukan desain seperti halnya dalam penyusunan laporan dan menerbitkanya, mennyusun agenda secara rutin dalam hal ini Organisasi,
  3. Memastikan dukungan teknik yang tersedia terhadap user dalam hal ini Tim Kerja.
  4. Memfasilitasi sumber-sumber yang dibutuhkan user agar segera dan memastikan seorang user setuju serta menandatangani proyek perjanjian.
  5. Setiap tanggung jawab mempunyai fokus dan peran yang sedikit berbeda. Salah satu yang paling nyata adalah, tanggung jawab terhadap proyek, Seorang Project Manager harus mengontrol proyek yang ditanganinya. Proyek harus selesai sesuai dengan budget, sesuai dengan spesifikasi, dan waktu. Ke tiga aspek itu harus dipenuhi oleh seorang Project Manager.


Dalam posisi sebagai Project Manager diperlukan beberapa skill diantaranya

  • Project Management Process skill > Skill Proses manajemen proyek, bisa di sebut hard skill merupakan pengetahuan dan keahlian yang berhubungan dengan mekanisme dari manajemen proyek. Seorang Project Manager harus bisa menguasai teknik, tools manajemen proyek dan teknologi yang bisa diaplikasikan di proyek. Contohnya seorang project manager harus bisa membuat work breakdown structure, membuat network diagram, dan bisa mempersiapakan dokumen-dokumen yang diperlukan klien.
  • Interpersonal dan Behavioral skill > Memimpin proyek berarti mengatur dan menyelesaikan segala sesuatu melalui orang lain. Seorang Project manager harus mempunyai Interpersonal & Behavioral skill yang baik, bisanya disebut soft skill. Behavioral skill meliputi : gaya (style), Kelakuan pesonal (personnal conduct), dan pendekatan (approach).
  • Technology Management Skill > Banyak proyek yang melekat pada yang namanya teknologi. Teknologi menuju kepada proses dari proyek. Sebagai contoh, proses itu mencakup : pengembangan software, proses kimia, atau konstruksi komersial. Kemampuan kita mengkoordinasi proses teknologi ini sangat penting jika ingin menjadi seorang project manager. Beberapa skill manajemen teknologi yang perlu dikuasai leh seorang Project Manager yaitu :
    • Kemampuan dalam teknologi proyek
    • Kemampuan dalam mendukung teknologi area
    • Pengetahuan tentang industri
    • Kemampuan dalam mempersiapkan spesifikasi teknis secara kompreshensif
    • kemampuan dalam disain
    • Pengetahuan produk
    • Pengetahuan tentang proses
    • Manajemen properti
    • Desired Personal Skill

Banyak studi yang meneliti korelasi antara ciri personal project manager dengan kesuksesan project manager. Walaupun hasil studi juga menunjukkan hasil yang berbeda, tetapi ada beberapa ciri yang dominan antara lain :
  • Kejujuran dan integritas
  • Berpikir seperti seorang generalis
  • Toleransi terhadap sifat ambiguitas
  • Toleransi terhadap ketidakpastian
  • Keyakinan yang tinggi
  • Tegas
  • Orientasi pada proses
  • Percaya diri/reflektif
  • Terbuka dan mudah di akses
  • Cerdas
Kesimpulan
Deskripsi Pekerjaan Project Manager adalah yang mempunyai kemampuan di lapangan, dan diatas kertas, kemampuan dlam memimpin tim proyek. Seorang project manager yang sukses juga harus menguasai proses manajemen proyek, kemampuan dalam mengaplikasi teknologi, mempunyai interpersonal dan behavioral skill.

Demikian tentang Deskripsi Pekerjaan Project Manager, semoga berguna dan bermanfaat.

Berkomentarlah dengan baik dan sopan tidak mengandung unsur sara,pornografi dan menyertakan link aktif.

By Admin deskripsipekerjaan.net
EmoticonEmoticon