6/12/2017

Deskripsi Human Resource Departement



Deskripsi Human Resource Departement, HRD (Human Resource Departement) adalah sebuah divisi yang terdapat dalam setiap perusahaan dan bertanggung jawab penuh dalam perekrutan sumber daya manusia hingga mengurusi kontrak kerja setiap karyawan.

HRD juga dapat disebut dengan Personalia yang berfungsi sama sebagai divisi yang bertugas melakukan perekrutan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Lalu apa saja tugas dan tanggung jawab sebagai seorang yang bekerja dalam divisi HRD (Human Resource Departement), Berikut penjelasannya:

Tugas dan tanggung jawab HRD


Posisi HRD Manager
HRD Manager ini mempunyai fungsi dan lingkup pekerjaan yaitu :

  1. Bertanggung jawab di dalam pengelolaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk pengembangan kualitasnya dengan berpedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang berlaku di perusahaan.
  2. Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pembinaan government & industrial serta mempunyai kewajiban memelihara dan menjaga citra perusahaan.
Sedangkan uraian tugas dari HRD (Human Resources of Development) Manager adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun, merencanakan, mengawasi dan mengevaluasi anggaran biaya kegiatan secara efektif dan efisien serta bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran hasil kegiatan
  2. Bertanggung jawab terhadap perencanaan, pengawasan dan melaksanakan evaluasi terhadap jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  3. Melaksanakan seleksi, promosi, transfering, demosi terhadap karyawan yang dianggap perlu.
  4. Melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pengembangan mental, keterampilan dan pengetahuan  karyawan sesuain dengan standard perusahaan.
  5. Bertanggung jawab terhadap kegiatan yang berhubungan dengan rekapitulasi absensi karyawan,perhitungan gaji, tunjangan dan bonus.


HRD ( Human Resources of Development ) Recruitment
Tugas Pokok dan Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab dalam membantu dan melaporkan kepada HRD (Human Resources Of Development) Manager dalam bidang hiring & firing tenaga kerja.
  2. Menyusun prosedur seleksi recruitment karyawan baru.
  3. Melakukan koordinasi ke departemen lain untuk mengumpulkan rencana permintaan karyawan setiap tahun dan membuat status data karyawan dan turnover setiap bulan dari masing-masing divisi.
  4. Memasang iklan lowongan kerja, melakukan sortir lamaran, melakukan tes psikologi dan interview awal untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai.
  5. Merekomendasikan kandidat berdasarkan hasil tes psikologi dan interview awal, serta mengatur jadwal interview lanjutan (user, hrd, presdir), agar proses rekrutmen dapat berjalan dengan baik sesuai rencana.
  6. Menyiapkan perjanjian kerja dan kontrak kerja karyawan serta mengupdate masa berlakunya kontrak kerja.
  7. Menginput data karyawan dan ke sistem agar semua terdata dengan baik
  8. Membuat laporan rekapitulasi mutasi, promosi dan status karyawan (tambahan anak, menikah, berhenti).


General Affair Supervisor
Tugas Pokok dan Tanggung Jawab:

  1. Mendukung seluruh kegiatan operasional kantor dengan melakukan proses pengadaan seluruh peralatan kebutuhan kerja (seperti; ATK, komputer, meja/kursi kerja, AC, dst), maupun sarana atau fasilitas penunjang lain (seperti; kendaraan operasional, office boy, satpam, operator telpon, dst.) dengan cepat, akurat/berkualitas serta sesuai dengan anggaran yang ditentukan.
  2. Melakukan analisa kebutuhan anggaran atas pengadaan dan pemeliharaan seluruh fasilitas dan sarana penunjang aktivitas kantor untuk kemudian diajukan kepada bagian keuangan dan manajemen perusahaan untuk dianggarkan dan disetujui. Melakukan aktivitas pemeliharaan atas seluruh fasilitas dan sarana penunjang, serta melakukan proses penggantian atas fasiltias/sarana penunjang yang rusak.
  3. Membina hubungan dengan para vendor atau supplier barang dan jasa fasilitas/prasarana kantor serta membantu dalam menangani komplain atas vendor/supplier termasuk tindak lanjut atas penanganan nota pembayaran/invoice maupun kontrak kerja dengan pihak terkait.
  4. Membuat, menjalankan dan mengembangkan sistem kerja/prosedur atas pengadaan dan pemeliharaan fasilitas penunjang kerja.
  5. Melakukan survei tingkat kepuasaan atas pelayanan yang diberikan kepada seluruh karyawan/unit dalam perusahaan untuk tujuan peningkatan kualitas/mutu, ketepatan dan kecepatan pelayanan yang diberikan.
  6. Menyiapkan laporan bulanan untuk keperluan rapat anggaran, laporan keuangan atas aset dan beban biaya kantor.


Non Material Warehouse Staff
Tugas Pokok dan Tanggung jawab Non Material Warehouse Staff:

  1. Melakukan kontrol stock barang-barang keperluan kantor, seperti ATK, Alat Kebersihan, dsb.
  2. Bertangung jawab atas keluar masuknya barang- barang keperluan perusahaan, seperti ATK, Alat Kebersihan, dan barang-barang yang dibutuhkan baik untuk keperluan dalam maupun luar kantor.


Compensation and Benefit Supervisor
Tugas Pokok dan Tanggung jawab:

  1. Menganalisis dan mengembangkan sistem remunerasi di perusahaan sebagai rekomendasi untuk meningkatkan motivasi karyawan dan mendukung pencapaian target kinerja perusahaan.
  2. Memaintain dan memverifikasi data / pencatatan kehadiran pekerja, Surat Perintah Kerja Lembur, shift, cuti, training, dinas dan medical sehingga dapat dipakai sebagai dasar yang benar dalam membayarkan kompensasi dan benefit (salary, allowance, incentive, iuran pensiun/asuransi)
  3. Melakukan proses payroll berdasarkan data yang benar sehingga pembayaran gaji dapat dilakukan dengan jumlah yang benar dan tepat waktu
  4. Memverifikasi expense report yang diajukan pekerja atas perjalanan dinas, cuti, medical, training, sehingga pembayaran dapat dilakukan dengan jumlah yang benar
  5. Memproses administrasi perjalanan dinas didalam dan diluar negeri (reservation, advance, formalitas), sehingga perjalanan dapat dilakukan dengan tepat waktu dan lancar.
  6. Memaintain fasilitas perusahaan (perumahan, kendaraan, telepon, komputer) sesuai dengan policy dalam rangka program retensi dan peningkatan produktivitas pekerja
  7. Menyelenggarakan administrasi pensiun / asuransi / pajak dan pengakhiran pekerja sesuai dengan ketentuan, agar setiap proses pembayaran dilaksanakan dengan benar & tepat waktu.


Payroll Staff
Tugas Payroll Staff :

  1. Melakukan proses pengambilan cuti tahunan dan mempersiapkan laporan-laporannya.
  2. Melakukan proses pengambilan “Day Off Payment”, tukar “Day Off” dan tukar shift karyawan.
  3. Melakukan perhitungan “meal coupon” karyawan.
  4. Membantu HRD (Human Resources of Development) Administrator dalam pengarsipan dan pembuatan surat-surat.


Welfare Staff
Tugas Welfare Staff:

  1. Mengajukan dana untuk penggantian obat rawat jalan setiap 2 kali seminggu, bagi karyawan yang telah menyampaikan resep pengobatan dari dokter.
  2. Membuat laporan dana iuran Pensiun / astek setiap bulan.
  3. Memeriksa dan mendata ijin sakit karyawan.
  4. Mengurus administrasi ke asuransi / rumah sakit.
  5. Trainning & Development Supervisor
  6. Melakukan proses trainning new comer.
  7. Melakukan proses trainning motivasi kepada seluruh karyawan setiap 1 tahun sekali.
  8. Melakukan proses trainning sesuai dengan masing-masing departemen.
  9. Menyiapkan segala administrasi yang berhubungan dengan trainning.
  10. Mendata karyawan yang butuh trainning khusus.
  11. Membuat laporan rekapitulasi pelaksanaan training dan evaluasi pelaksanaan untuk dikirimkan ke direksi.
Kesimpulan
Dari semua penjelasan segala tugas dan tanggung jawab dalam divisi HRD (Human Resource Departement) dapat ditarik kesimpulan bahwa HRD secara garis besar bertugas mengelola, mengembangkan dan mengurusi segala keperluan perusahaan termasuk dalam merekrut keryawan.


Seperti yang anda lihat diatas, banyak sekali tugas dan tanggung jawab jika anda ingin berkerja sebagai HRD (Human Resource Departement). Anda pun harus memiliki kemampuan atau Skill seperti yang kami tuliskan diatas, penjelasan diatas mungkin sedikit berbeda, walaupun sedikit berbeda penjelasanya tapi pokok inti dari Deskripsi Human Resources Departement tidak berbeda dari yang lain.

Demikian tentang Deskripsi Pekerjaan HRD (Human Resource Departement), semoga berguna dan bermanfaat.

sumber :
- http://jeanneroselia.wordpress.com/2013/07/24/tugas-dan-tanggung-jawab-departemen-hrd/
- http://www.wedaran.com/6846/tugas-hrd-dalam-sebuah-perusahaan/
- http://www.jobdesc.net/job-desc/tugas-tanggung-jawab-dan-job-deskripsi-hrd.html

Berkomentarlah dengan baik dan sopan tidak mengandung unsur sara,pornografi dan menyertakan link aktif.

By Admin deskripsipekerjaan.net
EmoticonEmoticon