12/13/2018

Deskripsi Pekerjaan Pilot



Deskripsi Pekerjaan Pilot - Pilot adalah sebutan bagi seseorang yang mengemudikan sebuah pesawat terbang. Profesi sebagi seorang pilot dituntut memiliki keahlian/skill dalam mengemudikan pesawat. Seorang pilot harus menempuh berbagai ujian serta serifikasi disekolah penerbangan dan otoritas penerbangan.

Deskripsi Pekerjaan Pilot


Menjadi pilot tidaklah mudah, sebab jika sudah dinyatakan lulus sebagai seorang pilot, pilot harus mendapat sertifikasi terbang (Pilot License), yaitu surat pengakuan kemampuan pilot untuk menerbangkan pesawat dengan tipe dan ukuran tertentu. Berdasarkan UU No 1 Tahun 2009 Pasal 53 Ayat 1 bahwa "Setiap orang dilarang menerbangkan atau mengoperasikan pesawat udara yang dapat membahayakan keselamatan pesawat udara". Maka tidak sembarang dan setiap orang dapat menerbangkan pesawat sebab memiliki resiko yang sangat tinggi.

Dalam tugasnya pilot dibantu oleh pilot lain yang di sebut dengan ko-pilot. Selama penerbangan berlangsung dari awal take-off hingga landing pilot dan ko-pilot saling berkerjasama satu sama lain untuk menerbangkan pesawat sesuai dengan jalur penerbangan yang telah terdaftar.

Di dalam sebuah penerbangan komersial, pilot dan ko-pilot bertugas mengemudikan pesawat sementara pramugari dan pramugara bertugas untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang dalam penerbangan.Pilot, ko-pilot, dan pramugari/pramugara (flight attendant) disebut sebagai awak pesawat (aircrew). Pembicaraan yang dilakukan pilot, ko-pilot dengan petugas pelayanan lalu-lintas akan direkam oleh kotak hitam( cockpit voice recorder) dan hampir semua parameter dari sistim yang ada direkam oleh kotak hitam (flight data recorder). Kotak hitam ini sangat penting untuk dianalisis dalam rangka rekomendasi pencegahan terulangnya kecelakaan penerbangan yang sama dikemudian hari.

Tugas dan Tanggung Jawab Pilot


Tugas Pilot

Pilot adalah menjalankan mesin dari pesawat terbang sedangkan seorang COPILOT bertugas untuk membantu seorang Pilot. Adapun kepangkatan dalam dunia penerbangan (sipil) sebagai berikut:
CAPTAIN adalah komandan dari sebuah pesawat; Chief de Mission.

FIRST OFFICER adalah wakil dari Captain yang akan mengambil alih tugas captain apabila captain tidak dapat menjalankan tugasnya. Jadi apabila First Officer yang menjalankan pesawat/mesin; maka dia adalah Pilot nya. sedangkan Captain adalah Copilotnya. Demikian sebaliknya apabila Captain yang terbang maka dia adalah pilotnya dan dia juga komandan pesawat sedangkan first Officer adalah Copilotnya.

Jenjang karir seorang penerbang sipil di suatu Airline biasanya dimulai sebagai First Officer (F/O) di pesawat kecil dalam perusahaan tersebut.Kemudian naik ke pesawat yang lebih besar, masih sebagai F/O dan seterusnya. Kemudian mendapat promosi sebagai Captain di pesawat kecil; selanjutnya sebagai Captain ke pesawat yang lebih besar demikian seterusnya.

Tanggung Jawa Pilot

Tanggungjawab seorang pilot itu tidak bisa disepelekan sehingga sudah sepantasnya seorang Pilot diberikan penghasilan yang tinggi. Berikut di bawah ini adalah beberapa tanggung jawab yang paling berat:
a. Menerbangkan pesawat.
Pesawat yang diterbangkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pilot tersebut. Keselamatan pesawat tersebut ada di tangan sang penerbang karena ia seharusnya sudah mampu menerbangkan pesawat dengan profesional dengan memperhatikan cuaca dan teknik.

b. Menjaga keselamatan penumpang.
Bagi pilot komersial, atau pilot yang bekerja pada maskapai penerbangan dan menerbangkan pesawat untuk dibayar, tanggung jawab terbesarnya adalah membuat penumpang nyaman dan menjaga keselamatan mereka.

c. Menjaga kesehatan diri sendiri.
Hal yang sudah menjadi tanggung jawab siapapun termasuk pilot adalah menjaga kesehatan diri sendiri. Namun, pilot harus ekstra dalam menjaga kesehatannya karena saat bekerja, ia harus fit dan bekerja maksimal tanpa ngantuk dan lelah.

Mengemudikan pesawat terbang adalah tugas utama dari seorang pilot. Kemampuan yang memerlukan tuntutan keahlian tinggi ini memerlukan lisensi sendiri, dan didapatkan melalui ujian yang diselenggarakan sekolah pilot dan juga otoritas yang mengatur penerbangan. Seorang pilot mempunyai tanggung jawab yang besar dalam pekerjaannya, sehingga tidak sembarang orang bisa begitu saja mengantungi lisensi. Dalam sekolah penerbangan, selain kemampuan teknis, calon pilot diharuskan untuk mengetahui etika dari profesi ini.

Sumber: https://tipssukseskerja.wordpress.com/2018/02/27/anda-mau-jadi-pilot-ini-dia-tugas-dan-tanggungjawab-seorang-pilot/

This Is The Newest Post

Berkomentarlah dengan baik dan sopan tidak mengandung unsur sara,pornografi dan menyertakan link aktif.

By Admin deskripsipekerjaan.net
EmoticonEmoticon